Berkat Sel Telur Yang Dibekukan Saat Anak-anak, Wanita Ini Sukses Lahirkan Bayi

Jakarta, Moaza Al Matrooshi (24) dari Dubai adalah seorang wanita pengidap penyakit darah keturunan thalasemia beta. Bila dibiarkan maka konsekuensinya fatal sehingga Moaza pun menetapkan bagi menjalani berbagai jenis terapi medis bagi dapat sembuh.

Saat itu salah sesuatu metode yg disarankan adalah dengan menanamkan sumsum tulang dari saudara kandungnya. Hanya saja buat melakukan hal tersebut Moaza harus menjalani kemoterapi yg bisa merusak fungsi organ reproduksi.

Akhirnya di umur yg masih sembilan tahun Moaza menetapkan bagi membekukan sel-sel telurnya agar dapat digunakan kelak. Sebagian jaringan ovarium Moaza diambil, dicampur cairan pelindung, dan pelan-pelan dibekukan dengan nitrogen cair.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Pembekuan Sel Telur yg Patut Diketahui

Di awal usia 20 tahun dengan keadaan kesehatan membaik Moaza telah jadi seorang wanita yg alami menopause. Tim dokter di Denmark pada tahun 2015 dahulu kemudian melakukan operasi coba menyambung kembali jaringan ovarium bekunya dengan rahim yg tersisa.

“Hanya dalam waktu tiga bulan setelah penanaman kembali jaringan ovariumnya, Moaza berubah dari wanita menopause menjadi alami menstruasi lagi,” ungkap dr Sara Matthews dari Portland Hospital seperti dikutip dari BBC, Jumat (16/12/2016).

Setelah itu buat memperbesar kemungkinan kehamilan, Moaza bersama suaminya Ahmed menjalani program kehamilan berbantu in vitro fertilization (IVF) atau yg biasa disebut bayi tabung.

Pada Rabu (14/12) akhirnya lahirlah seorang bayi laki-laki. Dokter menyampaikan kemungkinan Moaza adalah ibu pertama di dunia yg sukses melahirkan dari sel telur beku yg diambil sebelum masa pubertas.

“Ini adalah sebuah kemajuan besar. Kami tahu bahwa transplantasi jaringan ovarium mampu dikerjakan pada wanita yg lebih tua. Tapi kalian tidak tahu apakah kalian mampu mengambil jaringan dari anak-anak, membekukannya, dulu dibuat berfungsi kembali,” kata dr Sara.

Menurut dr Sara masalah Moaza mampu memberikan harapan untuk para wanita muda yg terancam tak dapat menjadi ibu. Biasanya hal ini terjadi karena mereka harus menjalani pengobatan bagi penyakit kanker, darah, atau gangguan imunitas.

Baca juga: Meski Sel Telur Beku Efektif, Perempuan Sehat Jangan Tunda Hamil(fds/vit)
Sumber: http://health.detik.com

Berikan Komentarmu Disini!!