China Perketat Kredit Mobil

Beijing, KompasOtomotif – Aturan baru mengenai skema kredit kendaraan bermotor, khususnya roda empat di China mulai diperketat. Usulan ini diajukan segera oleh bank sentral China sepeti dilansir Reuters,  Selasa (27/12/2016).

Pedoman mulai usulan tersebut dikeluarkan pada Selasa ini, dan berisikan standardisasi baru dalam pemberian kredit mobil. Ini dianggap menjadi langkah buat mengatasi kekhawatiran atas risiko peminjam yg gagal (borrowers defaulting/kredit macet).

Kredit mobil sudah melonjak dalam dua tahun terakhir, sebagian tumbuh sebagai akibat dari transaksi pembiayaan menarik, yg ditawarkan oleh produsen, demi meningkatkan penjualan. Hampir 30 persen dari pembelian dikerjakan secara kredit tahun lalu, naik dari 20 persen dari 2013, menurut analis dari Sanford C. Bernstein and Deloitte.

Bank Rakyat China mengeluarkan pedoman yg telah direvisi pada situs resminya, dan menantikan umpan balik dari masyarakat www.pbc.gov.cn.

Ke depannya, People’s Bank of China (Bank Rakyat China/PBOC) mengatakan, di dalam aturan baru, peminjam harus memberikan jaminan yg valid. Kemudian si pemberi pinjaman harus membangun sistem kredit, dengan menyertakan fasilitas kredit eksternal independen, buat menilai kelayakan kredit pelanggan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!