Ini Penjelasannya Ada Orang Yang Kena Gangguan Napas Meski Tak Pernah Merokok

Jakarta, Pada orang dewasa, gangguan pernapasan kerap dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Lantas mengapa ada orang-orang yg terkena gangguan pernapasan meskipun tidak pernah merokok?

Studi terbaru yg dipublikasikan dalam International Journal of Chronic Diseases menyebut, wanita adalah pihak yg paling tidak jarang dirugikan karena paparan rokok, padahal kebanyaka dari mereka tidak pernah sekalipun mengonsumsi rokok.

Gangguan pernapasan yg paling banyak dilaporkan adalah Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD). Sayangnya, hasil pengamatan peneliti baru sebatas kelihatan pada beberapa ras: Afro-Amerika dan Kaukasian atau kulit putih.

Dalam studi mereka dikatakan, prevalensi COPD kelihatan lebih tinggi pada wanita Afro-Amerika merupakan 7 persen, sedangkan pada wanita kulit putih sebesar 5,2 persen. Pada pria, prevalensinya cuma 2,9 persen bagi pria kulit putih dan 2,4 persen bagi pria kulit hitam.

Ambil contoh di Amerika, COPD adalah pembunuh ketiga terbesar di Negeri Paman Sam, dengan merokok sebagai faktor risiko terbesarnya. Hanya saja seperempat orang Amerika yg mengidap COPD justru yg bukan perokok atau sama sekali tidak pernah memegang rokok.

Baca juga: Batuk Terus-menerus Berkepanjangan, Ternyata Orang-orang Ini Kena Kanker Paru

“Kerentanan mereka ini dapat jadi karena perbedaan fisiologis. Tetapi kita masih menemukan bahwa wanita berisiko 50 persen lebih tinggi daripada pria meskipun telah mempertimbangkan tinggi badan, tingkat pendidikan, penghasilan dan akses pada layanan kesehatan mereka,” papar ketua tim peneliti, Esme Fuller-Thomson.

Peneliti juga meyakini hormon yg dihasilkan tubuh wanita memainkan peranan di balik tingginya risiko ini. Apalagi wanita lebih kadang menjadi perokok pasif atau terpapar asap rokok dari pasangannya.

“Bisa juga karena mereka rata-rata miskin, paparan racunnya juga semakin tinggi, entah itu paparan rokok di tempat kerja maupun polusi udara di lingkungan mereka. Ini masih harus digali lagi buat memastikannya,” pungkas Fuller-Thomson seperti dilaporkan Indian Express.

Baca juga: Penting! Anak yg Kena Asap Rokok Lebih Rentan Kena Pneumonia(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com

One thought on “Ini Penjelasannya Ada Orang Yang Kena Gangguan Napas Meski Tak Pernah Merokok

Berikan Komentarmu Disini!!