Ini Yang Diraih Kementerian Pariwisata Di 2016

Jakarta – Selama 2016, Kementerian Pariwisata selalu membenahi dan mengembangkan pariwisata Indonesia. Apa saja hasil yg sudah diraih?

“Capaian kinerja pariwisata tahun 2016 ini semakin menguatkan kami bagi meraih target 2017 hingga 2019,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Pariwisata di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (21/12/2016).

Arief pun menunjukan kinerja-kinerja yg sudah diraih oleh Kementerian Pariwisata. Dia membagi dalam beberapa hal, yakni makro dan mikro. Makro adalah PDB Nasional, devisa dan jumlah tenaga kerja pariwisata. Sedangkan mikro adalah indeks daya saing pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan jumlah pergerakan wisatawan Nusantara.

“2015 PDB Nasional dari pariwisata yakni 10 persen. 2016 Target kami 11 persen yg dinilai sampai akhir tahun mencapai 11,5 persen,” kata Arief.

Dari devisa, pendapatan devisa negara dari pariwisata tercatat sebanyak Rp 184 T melampauai target Rp 172 T. Lanjut soal jumlah tenaga kerja, pariwisata menjadi lapangan kerja buat 12 juta orang.

“Januari-Oktober 2016 12 juta, kunjungan wisatawan Mancanegara sebanyak 9,4 juta. Ini masih ada bulan-bulan terakhir yg high seasson dan aku optimis mulai tercapai,” tegas Arief

Sementara itu kunjungan wisatawan Nusantara alias wisatawan dalam negeri juga berhasil melampaui target. Semula 260 juta menjadi 263 juta.

“Sudah ada hasil kalian harus bandingkan dengan negara-negara tetangga,” pungkas Arief. (bnl/bnl)

Sumber: http://travel.detik.com

Berikan Komentarmu Disini!!