Jokowi Jamin NTT Tak Lagi Kekurangan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo memastikan masyarakat Nusa Tenggara Timur tak mulai lagi mengalami kekurangan listrik.

Sebab, pemerintah telah menyiapkan kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant, yg berlabuh di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bolok, Kupang, NTT.

“Sekarang NTT tak perlu khawatir lagi mengenai kekurangan listrik,” kata Jokowi lewat akun Instagramnya, Rabu (28/12/2016).

(Baca: Jokowi Nilai Perbatasan Tunjukkan Kebanggaan dan Wajah Bangsa)

Jokowi turut mengunggah foto ketika ia meresmikan kapal yang berasal Turki itu. Kapal tersebut berdaya 60 Mega Watt dan mampu menyuplai listrik ke 230.000 pelanggan rumah tangga.

Di pelosok NTT, ada sekitar 1.200 desa yg mulai dialiri listrik pada tahun 2018.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan listrik di NTT, semoga investor tak ragu lagi buat menanamkan modalnya di NTT,” ucap Jokowi.

 

Sekarang NTT tak perlu khawatir lagi mengenai kekurangan listrik. Kapal listrik berdaya 60 MW telah ada dan dapat menyuplai listrik bagi 230.000 pelanggan rumah tangga. Di pelosok NTT ada sekitar 1.200 desa yg mulai dialiri listrik pada akhir tahun 2018. Dengan terpenuhinya kebutuhan listrik di NTT, semoga investor tak ragu lagi bagi menanamkan modalnya di NTT. Foto: Biro Pers Setpres

A photo posted by Joko Widodo (@jokowi) on Dec 28, 2016 at 7:28am PST

 

Adapun kapal pembangkit listrik yg disewa PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) datang di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur, sejak Jumat (16/12/2016) lalu.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara Machnizon Masri, optimisitis kapal ini dapat menyuplai listrik ke semua daratan NTT.

Kapal mulai menyuplai listrik ke gardu induk Bolok yg kemudian diteruskan sampai ke sistem Timor.

Dengan kekuatan 60 MW dari Kapal MVPP, maka mulai terjadi surplus daya listrik di NTT ditambah dengan IPP Bolok yg mulai beroperasi sekitar di 2017 dengan kapasitas 16,5 x 2 MW.

(Baca: PLN Siap Amankan Pasokan Listrik buat Perayaan Natal Nasional)

 

Diperkirakan pada 2017 mulai ada tambahan daya 90 MW di luar dari beban puncak Kota Kupang yg sekarang mencapai 75 MW.

“Inilah langkah cepat PLN bagi memenuhi kebutuhan listrik yg memadai dan selamat menikmati listrik warga kota Kupang,” kata Machnizon.

Kompas TV Menteri ESDM Jamin Stok Listrik bagi Natal Aman

Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!