“Kami Harap Ini Perayaan Natal Terakhir Di Seberang Istana…”

JAKARTA, KOMPAS.com — Pukul 14.00 WIB, cuaca di seberang Istana Merdeka, Jakarta, sedang panas-panasnya. Terik matahari menyengat. Bunyi klakson kendaraan yg bising dan riuh rendah suara pejalan kaki turut hadir.

Meski keadaan di seberang Istana Merdeka itu sama sekali tidak layak buat menggelar kebaktian Natal, hal tersebut tidak menyurutkan niat jemaat Gereja Kristen Indonesia Yasmin Bogor dan Huria Kristen Batak Protestan Filadelfia Bekasi buat beribadah di sana.

Berbondong-bondong, sesuatu per sesuatu dari mereka menyusun kursi plastik dan mengambil tempat bagi duduk. Tak lupa mereka membuka payung buat menghalau sengatan terik matahari.

Baru 15 menit kebaktian berlangsung, langit mendadak mendung. Rintik hujan akan turun dan lama-kelamaan berubah menjadi hujan yg cukup deras.

Namun, tidak sesuatu pun jemaat pergi meninggalkan lokasi ibadah. Doa mereka yg bersahutan dengan suara hujan justru terdengar kian keras, seolah hendak mengatakan pesan kepada Istana Kepresidenan yg tepat berada di depan mereka.

Ini kali keenam jemaat kedua gereja melakukan kebaktian Natal di seberang Istana Merdeka. Terhitung telah 134 kali mereka menggelar ibadah reguler di sana.

Putusan pengadilan sudah memenangkan jemaat buat dapat kembali beribadah di gereja mereka. IMB gereja mereka dinyatakan sah secara hukum.

Namun, hingga kini desakan warga yg tidak menyetujui peribadatan mereka membuat Pemerintah Kota Bogor dan Kabupaten Bekasi tidak mengindahkan putusan pengadilan.

Juru bicara GKI Yasmin, Bona Singgalingging, mengatakan, Presiden Joko Widodo kerap menyampaikan ingin menjalankan pemerintahan sesuai konstitusi.

Konstitusi, kata Bona, menjamin hak semua warga negara bagi beribadah sesuai dengan agama yg dianutnya. Karena itu, ia berharap Presiden Jokowi turut andil menyelesaikan persoalan ini.

“Kami harap ini perayaan Natal terakhir di seberang Istana Merdeka. Kami harap pemerintah dapat menjaga kebinekaan yg ada, apalagi kalian milik dasar hukum yg sah,” ujar Bona.

Kompas TV Jemaat GKI Yasmin & Filadelfia Kebaktian di Jalan

Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!