Kenali, Ini Berbagai Penyebab Rusaknya Tulang Rawan Di Lutut

Jakarta, Kerusakan tulang rawan pada lutut mampu memengaruhi kualitas hidup seseorang, salah satunya berjalan pun jadi sulit. Lalu, apa saja sih penyebab terjadinya kerusakan tulang rawan pada lutut?

Dr dr Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS menyampaikan kerusakan tulang rawan pada lutut mampu terjadi karena berbagai hal, di antaranya trauma dan beban. Kedua hal tersebut dikatakan dr Basuki tidak cuma dapat merusak tulang rawan, tetapi juga jaringan yang lain di sendi lutut.

dr Basuki menjelaskan kerusakan tulang rawan akibat trauma biasanya terjadi karena benturan (trauma) benda tumpul yg berlangsung terus-menerus. Nah, proses ini menyebabkan gangguan keseimbangan biologis tulang rawan.

“Gangguan keseimbangan biologis menyebabkan kerusakan pada sel kondrosit, hilangnya zat proteoglikan dan munculnya jaringan kolagen yg tak normal. Hal ini menyebabkan kerusakan pada tulang rawan,” kata dr Basuki, dikutip dari bukunya yg berjudul ‘Penyembuhan Gangguan Sendi Lutut’.

Baca juga: Sering Berlari Ketika Muda Sebabkan Masalah Lutut? Ini Jawabannya

Penyebab yang lain yakni beban atau faktor mekanik dikatakan dr Basuki biasa terjadi pada keadaan sendi lutut yg tanpa tekanan atau sebaliknya, mendapat tekanan berlebihan. Kondisi tanpa tekanan yg memicu kerusakan tulang rawan biasa terjadi pada sendi lutut yg tak digerakkan sehingga menyebabkan terhambatnya interaksi jaringan penyangga dengan sel kondrosit.

Sementara, tekanan berlebihan biasanya terjadi pada orang yg mengalami kegemukan (obesitas), sedang hamil, dan melakukan pekerjaan dengan beban seperti pekerja tambang. Tekanan tersebut menyebabkan stres mekanik dan memicu kerusakan pada tulang rawan sendi.

“Tekanan yang lain misalnya aktivitas high impact, seperti naik-turun tangga, olahraga lari, maraton, taekwondo, dan tenis,” ucap pria yg juga pembina Bulan Sabit Merah Indonesia ini.

Baca juga: Masalah Tulang dan Sendi yg Rentan ‘Mengancam’ Orang-orang Bertubuh Gemuk

(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com

Berikan Komentarmu Disini!!