Ketua MPR: Tidak Mungkin 10 Juta Tenaga Kerja China Masuk Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua MPR Zulkifli Hasan mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo yg membantah isu masuknya 10 juta lebih tenaga kerja asing yang berasal China ke Indonesia.

“Saya juga kaget dari mana itu jumlahnya, 10 juta orang masuk itu banyak sekali. Saya rasa tak mungkin. Kalau ada, di mana 10 juta orang itu berada?” tutur Zulkifli melalui informasi tertulis, Senin (26/12/2016).

Namun, Zulkifli tak memungkiri fakta adanya tenaga kerja asing yang berasal China masuk ke Indonesia.

(Baca: Selidiki Tenaga Kerja Asal China, Dewan Perwakilan Rakyat Didorong Gunakan Hak Angket)

Beberapa yg ditemukan, Kata Zulkifli, bahkan ada yg melakukan tindakan kriminal seperti yg terjadi di Bogor.

Untuk itu, ia mengimbau warga setempat perlu sadar lingkungan. Jika ada warga baru, masyarakat harus mengetahui identitas legalnya.

Ia menilai, persoalan ini telah sangat meluas dan meresahkan masyarakat Indonesia. Karena itu, ia meminta para menteri terkait dan kepala daerah menolong Presiden menyelesaikan persoalan ini.

“Saya sangat apresiasi pernyataan Presiden menjelaskan ke rakyat soal persoalan tersebut. Namun, tidak cukup di situ, pembantu Presiden, seperti para menteri, harus juga menjelaskan kepada rakyat,” kata Zulkifli.

(Baca: Penjelasan Jokowi soal Tenaga Kerja China di Indonesia)

“Jangan semuanya ditimpakan kepada Presiden dong, kasihan dia. Para menteri dan kepala daerah harus bantu,” lanjut Zulkifli.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!