KPU: 70 Ribu Warga Belum Punya Data Kependudukan Di Pilkada Serentak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencatat terdapat sedikitnya 70.000 warga Indonesia belum memiliki data kependudukan. Ketua KPU RI Juri Ardiantoro mengatakan, hal itu mengancam mereka tidak dapat memakai hak pilih dalam Pilkada serentak 2017.

Dapatkan diskon Rp 300,000 bagi tiket libur Natal & Tahun baru-mu“Hasil analisis KPU dari total 41 juta jumlah pemilih Pilkada serentak 2017, terdapat 70 ribuan yg belum memiliki identitas kependudukan dan tak ada dalam data base kependudukan,” kata Juri Ardiantoro mengisi diskusi Akhir Tahun 2016 dengan tema ‘Catatan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Walikota, dan Bupati Serentak Tahun 2017 dan Persiapan Menuju Pemilu Nasional’ di Ruang Sidang Utama Lantai 2 KPU RI, Rabu (28/12).

Juri menyebut, 70.000 orang itu tersebar di 101 daerah yg mulai menyelenggarakan Pilkada Serentak 2017. Dari hasil analisis KPU, alasan mereka belum memiliki data kependudukan disebabkan pelbagai hal, salah sesuatu di antaranya belum melakukan rekaman e-KTP. Menurut Juri, kendala tersebut menjadi ancaman nyata buat pelaksaan Pilkada Serentak.

“Ini jadinya semacam orang yg tak jelas tapi nyata-nyata mereka ada,” ujar Juri.

Melihat masih terdapat ribuan warga yg belum memiliki e-KTP, Juri menyarankan, agar Kementerian Dalam Negeri langsung mencari jalan keluar. Apalagi, tambah dia, kesadaran masyarakat buat memperoleh data kependudukan masih sangat rendah.

“Persoalannya apakah mereka mempunyai niat dan mau mengurus surat informasi itu di kantor kependudukan, yg seperti kami ketahui kantor kependudukan itu letaknya di kabupaten kota. Bisa jadi ada orang yg rumahnya jauh, lantas apakah demi dapat memilih mereka mau mengurus surat itu,” tandas Juri.Baca juga:
KPU optimis pelaksanaan Pilkada 2017 dapat berjalan serentak
Tak ada kendala berarti, KPU percaya Pilkada 2017 digelar serentak
Uskup Agung Jakarta imbau umat sukseskan Pilkada serentak 2017
KPU ingatkan warga pastikan namanya masuk DPT di situs resmi KPU
Kesejahteraan, narkoba dan mitigasi bencana fokus debat Pilgub Aceh
KPI khawatir acara debat kandidat Pilkada di TV untuk bingung warga
Pilkada Serentak 2017, Idrus Marham tegaskan LPM netral

Sumber: http://www.merdeka.com

Berikan Komentarmu Disini!!