KPU Optimis Pelaksanaan Pilkada 2017 Bisa Berjalan Serentak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimistis Pemilihan Kepala Daerah 2017 mampu berlangsung secara serentak di 101 daerah di Tanah Air. Sehingga tak ada lagi Pilkada susulan seperti yg terjadi pada Pilkada Serentak 2015 lalu.

Dapatkan diskon Rp 300,000 buat tiket libur Natal & Tahun baru-mu“Pilkada serentak tahun 2017 diselenggarakan di 101 daerah, kita optimistis tak mulai ada lagi pilkada susulan atau tak serentak karena sengketa pencalonan kepala daerah,” ujar Ketua KPU Juri Ardiantoro dalam diskusi bertema ‘Catatan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Wali Kota, dan Bupati Serentak Tahun 2017 dan Persiapan Menuju Pemilu Nasional’ di Ruang Sidang Utama KPU, Rabu (28/12).

Berdasarkan catatan KPU, ada 41.199.607 warga yg telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Serentak 2017. Dengan rincian, 20.695.827 warga berjenis kelamin laki-laki dan 20.503.780 warga berjenis kelamin perempuan.

Juri menuturkan, diperkirakan Pilkada Serentak 2017 cuma diikuti beberapa hingga tiga pasangan calon. Hal itu menurun dari pilkada sebelumnya yg diikuti lebih dari tiga pasangan calon.

“Memang ada daerah yg jumlah pasangan calonnya empat, lima dan enam, tetapi sebagian besar cuma dua-tiga pasangan saja, bahkan ada sembilan daerah yg memiliki calon tunggal,” terang dia.

Juri menambahkan, ada catatan khusus dari daftar pemilih buat penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017. Di mana masih terdapat masyarakat yg belum memiliki KTP elektronik, padahal KTP elektronik menjadi salah sesuatu syarat seseorang memakai hak pilihnya.

“Pertanyaannya bagi warga yg belum memiliki data kependudukan apapun, apakah kalian mulai keluarkan mereka dari daftar pemilih atau ada kebijakan pemerintah agar mereka tetap milik hak pilih. Ini catatan kalian bersama,” pungkas Juri.Baca juga:
Tak ada kendala berarti, KPU percaya Pilkada 2017 digelar serentak
Uskup Agung Jakarta imbau umat sukseskan Pilkada serentak 2017
KPU ingatkan warga pastikan namanya masuk DPT di situs resmi KPU
Kesejahteraan, narkoba dan mitigasi bencana fokus debat Pilgub Aceh
KPI khawatir acara debat kandidat Pilkada di TV untuk bingung warga

Sumber: http://www.merdeka.com

Berikan Komentarmu Disini!!