Indonesia Siap Beri Bantuan Kemanusiaan Krisis Rohingya

DEXTERHARTO.com – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan, Pemerintah Indonesia bersiap memberikan bantuan kemanusiaan buat warga Rohingya di Rakhine, bagian utara Myanmar, yg menjadi korban konflik.

“Saya bertemu dengan State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi kemarin malam. Suu Kyi menyampaikan akses bantuan kemanusiaan mulai dibuka,” ujar Retno, di Nusa Dua, Bali, Rabu (7/12/2016) malam.

“Indonesia bersiap buat mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Rohingya,” kata dia.

Dalam meeting tersebut, Indonesia mengatakan kembali perhatiannya terhadap permasalahan yg terjadi di Rakhine.

“Indonesia mengharapkan kiranya keadaan di Rakhine State mampu dikembalikan dengan mepertimbangkan persoalan perlindungan dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia buat seluruh masyarakat yg ada di Rakhine State, termasuk masyarakat Muslim yg tinggal di sana,” ujar dia.

Setelah melakukan rapat dengan Suu Kyi, Menteri Retno juga bertemu dengan dua organisasi kemanusiaan Indonesia yg telah bersiap buat menyalurkan bantuan.

“Ini adalah kumpulan dari organisasi-organisasi kemanusiaan yg ada di Indonesia, dan juga bantuan dari masyarakat Indonesia. Kami sepakat pendekatan yg mulai kalian berikan dalam memberikan bantuan adalah pendekatan kemanusiaan,” kata dia.

Ia mengatakan, Pemerintah Indonesia baru saja menyelesaikan pembangunan beberapa sekolah di wilayah Rakhine.

“Kemarin kita bicara dengan teman-teman organisasi kemanusiaan dengan selesainya beberapa sekolah tersebut maka Indonesia telah menolong membangun enam sekolah di Rakhine State, dan bantuan-bantuan yang lain juga aku bahas dengan State Counsellor Myanmar mengenai bantuan apa yg diharapkan dari Indonesia,” ujar dia.

Intinya, lanjut dia, Indonesia bersiap menolong Myanmar dalam mengembalikan situasi normal di Rakhine. Tentunya, bantuan itu termasuk dalam kerja sama atau bantuan kemanusiaan.

 
Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!