Kulit Kepala Gatal Dan Mengelupas Seperti Ketombe? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Jakarta, Sudah merasa rajin keramas dan menjaga kebersihan kulit kepala, tetapi tetap muncul rasa gatal berlebihan. Bahkan kulit kepala tampak mengelupas seperti ketombe. Bisa jadi ini karena jamur.

Menurut dr Eddy Karta, SpKK, kulit kepala yg mengelupas dan menjadi ketombe di segala kepala yaitu penyakit radang. Umumnya paling banyak terjadi yakni radang kelenjar minyak.

Untuk mengobatinya, penggunaan sampo antiketombe yg mengandung antijamur mampu dimanfaatkan. Namun ingat, penggunaan sampo ini harus rutin dan baru dijarangkan setelah kelainan membaik.

Baca juga: Ketombe Juga Bisa Muncul di Alis dan Area Wajah, Begini Cara Mengatasinya

“Jika tak sembuh maka sebaiknya diperiksakan karena mungkin dibutuhkan perawatan yg lebih menyeluruh,” tutur dokter spesialis kulit dan kelamin Edmo Clinic Jakarta Selatan tersebut.

Ya, ada kemungkinan pasien mengalami penyakit yang lain seperti psoriasis. dr Eddy menyebutkan, psoriasis memiliki gejala yg memang mirip seperti ketombe.

Kemungkinan yang lain adalah pasien mengalami seborrheic dermatitis. Ini yaitu gangguan yg biasa terjadi pada kulit kepala sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi bersisik, gatal, memerah dan memunculkan ketombe yg membandel atau susah dihilangkan.

Selain di kulit kepala, seborrheic dermatitis juga mampu terjadi di wajah (alis, sekitar hidung), belakang telinga, dada atas, punggung, ketiak, pangkal paha dan bagian tubuh yang lain yg memiliki banyak kelenjar minyak (sebaceous gland).

Dikutip dari Mayo Clinic, untu pengobatan seborrheic dermatitis dapat memakai produk antijamur seperti sampo. Namun buat memastikan, lebih baik diperiksakan ke dokter supaya pengobatan yg diberikan pun lebih efektif.

Masih soal rambut dan kulit kepala, simak video Bincang Sehat berikut ini:

Baca juga: Kata Dokter Soal Anggapan Keramas Saat Haid Bisa Picu Sakit Kepala

(ajg/vit)
Sumber: http://health.detik.com

Berikan Komentarmu Disini!!