Nikah Siri, Polisi Berpangkat Brigadir Di Sampang Disanksi Mutasi

Seorang anggota Polri yg bertugas di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, disanksi karena diketahui menikah secara siri dan tanpa sepengetahuan pimpinannya. Anggota polisi tersebut diketahui berinisial RH berpangkat brigadir.

Dapatkan diskon Rp 300,000 bagi tiket libur Natal & Tahun baru-mu“Anggota yg diketahui menikah secara siri itu berisial RH anggota polisi berpangkat brigadir di satuan Shabara,” kata Wakapolres Sampang Kompol Pratolo Saktiawan seperti dilansir Antara, Kamis (15/12).

Sanksi terhadap anggota polisi ini, setelah yg bersangkutan menjalani sidang disiplin di aula Mapolsek Kota Sampang. Atas perbuatannya itu, RH diberi sanksi teguran tertulis dan hendak dimutasi ke tempat tugas baru.

Selain melanggar kode etik sebagai abdi negara, perbuatan RH menikah secara siri dan tak tercatat di Kantor Urusan Agama, juga dinilai melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Pernikahan.

“TNI dan Polri ini berbeda dengan masyarakat umum. Apabila hendak menikah lagi, ya harus sepengetahuan atau seizin pimpinan, karena kalian ini abdi negara,” jelasnya.

Selain itu, sesuai dengan ketentuan, juga harus sepengetahuan istri tuanya dan tak menikah secara diam-diam.

Brigadir RH yaitu sesuatu dari anggota polisi yg menjalani sidang disiplin yg digelar di aula Mapolsek Kota, Sampang, Kamis (15/12). Anggota polisi lainnya yg juga menjalani sidang disiplin ialah AL.

Berbeda dengan RH, AL menjalani sidang disiplin karena tak masuk kantor selama tujuh hari tanpa keterangan. Sanksi buat anggota berisial AL dikurung selama tujuh hari.

“Sanksi ini buat memberikan efek jera, serta menjadi gambaran kepada anggota polri lainnya buat tak melanggar kode etik,” katanya.

Ia menambahkan, sanksi di kalangan internal polri itu, juga memperlihatkan bahwa seluruh orang sama kedudukannya di depan hukum.

“Jadi siapapun yg melakukan pelanggaran tetap harus disanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yg berlaku,” tutupnya.
Sumber: http://www.merdeka.com

Berikan Komentarmu Disini!!