Perancis Resmikan Jalan Raya Dengan Panel Surya

Normandia, KompasOtomotif – Dua tahun yg lalu, pihak berwenang di Belanda meresmikan jalan panel surya, tetapi itu cuma jalur sepeda. Kali ini Perancis yg dengan bangga meresmikannya bagi jalan raya umum.

Mengutip Moto1 dari The Guardian, Selasa (27/12/2016) jalan dengan teknologi ini diklaim yg pertama di dunia, dengan menyedot investasi 5,2 juta dolar Amerika atau Rp 69,8 miliar. Rute membentang sepanjang 1 kilometer (0,6 mil) dan terletak di desa kecil Tourouvre-au-Perch di Normandia.

Demi menutupi jalan sepanjang 1 kilometer tersebut, dibutuhkan total 2.800 meter persegi panel, yg dapat dimanfaatkan bagi menyerap tenaga matahari buat menghasilkan listrik. Jalan raya dengan panel surya ini dibuka minggu dulu di hadapan Menteri Ekologi Perancis, Segolene Royal.

Dibiayai oleh pemerintah daerah, jalan satu-kilometer ini dijuluki “Wattway” yg dibangun oleh perusahaan Colas setelah melalui berbagai pengujian. Jalan ini mulai digunakan oleh sekitar 2.000 pengemudi setiap hari. 

Dalam beberapa tahun ke depan pihak pemerintah juga masih selalu meneliti jalanan baru ini, dengan melihat seberapa efektif dalam menghasilkan energi listrik, bagi menerangi jalan-jalan desa yg dihuni oleh sekitar 3.400 penduduk.

Berbicara pada peresmian, Segolene Royal mengungkapkan keinginannya memasang panel surya di jaringan jalan raya di Perancis, sesuatu kilometer dari setiap 1.000 kilometer. Namun, Wakil Presiden dari Network for Energetic Transition (CLER), Marc Jedliczka mengkritik, kalau masih ada prioritas yang lain daripada mengembangkan sumber energi terbarukan seperti itu.

Karena proyek ini dianggap mengeluarkan biaya sangat mahal, dan mempertanyakan kelayakan, pasalnya cahaya matahari yg kuat terbilang jarang menerangi wilayah tersebut.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!