Perludem Heran Ada Cagub Yang Laporan Sumbangan Dana Kampanyenya Rp 0

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkumpulan bagi Pemilu dan Demokrasi (Perludem) merilis temuan yg dianggap aneh dalam daftar Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) yg sudah diserahkan pasangan calon Pilkada 2017 pada Selasa (20/12/2016) lalu.

Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini mengatakan, keanehan terdapat pada LPSDK salah sesuatu calon gubernur di Provinsi Aceh.

Dalam LPSDK itu, cagub tersebut mengaku tak menerima sumbangan apapun sejak menjalani kampanye pada akhir Oktober lalu.

“LPSDK cagub tersebut sumbangan penerimaannya Rp 0. Masa tak menerima sumbangan sama sekali, ini aneh,” kata Titi dalam diskusi di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (28/12/2016).

(Baca: Perludem Curiga Ada Kepentingan di Uji Materi Masa Jabatan Hakim MK)

Menurut Titi, persoalan dalam LPSDK muncul akibat kurangnya kesungguhan penyelenggara pemilu menerapkan sanksi politik uang di Pilkada.

Misalnya, peserta Pilkada masih diperbolehkan memberi bantuan transportasi dan hadiah buat pendukungnya ketika berkampanye.

Titi mempertanyakan arti politik uang yg terstruktur, sistematis, dan masif seperti tertulis pada Pasal 73 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

“Harus ada penjelasan apa maksud terstruktur, sistematis, dan masif. Sanksi kuat politik uang tidak sungguh-sungguh dalam pengaturan,” katanya.

Menanggapi temuan Perludem, Ketua KPU RI Juri Ardiantoro berkata bahwa pengawasan penggunaan dan penerimaan dana kampanye tetap dikerjakan penyelenggara pemilu kedepannya.

(Baca: Perludem Usulkan Pemilu Level Nasional dan Daerah Dipisah)

Juri menjelaskan, pengawasan dikerjakan salah satunya dengan cara melakukan audit terhadap laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye peserta Pilkada. Audit tersebut mulai dikerjakan oleh kantor akuntan publik yg ditunjuk KPU.

“Nanti kan dilihat cocok atau tidak, ada persoalan penggunaannya atau tidak, disitulah pengawasannya dilakukan. Ada dana legal atau sumber tak sah,” kata Juri.

 

 

Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!