Polri Siapkan 3 Lapis Pengamanan Saat Sidang Kasus Ahok

JAKARTA, KOMPAS.com – Polri menyiapkan tiga lapis pengamanan ketika persidangan perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Sidang tersebut digelar pada Selasa (13/12/2016) besok di gedung bekas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, di Jalan Gadjah Mada.

Personel kepolisian mulai ditempatkan di sekitar gedung tersebut.

“Ada empat sasaran yg mulai dituju. Kemudian, mulai dibuat ring sesuatu di dalam ruang sidang, ring beberapa di┬áluar ruang sidang dan ring tiga di luar gedung pengadilan,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta, Senin (12/11/2016).

(Baca juga: Begini Rekayasa Lalu Lintas yg Disiapkan Saat Sidang Ahok )

Menurut Martin, ada empat sasaran pengamanan agar sidang mampu berlangsung dengan aman dan tertib.

Pertama, penjagaan mulai dikerjakan terhadap seluruh orang yg hadir di lokasi, termasuk hakim, petugas pengadilan, serta saksi yg dihadirkan.

Sasaran kedua adalah lokasi yg ada di ring satu, atau di dalam ruang sidang. Polri mulai memperketat izin masuk ruang sidang.

Karena kapasitas ruangan cuma 80 orang hingga 100 orang, tak segala pengunjung mampu masuk ke dalam ruang sidang.

Martin melanjutkan, sasaran pengamanan ketiga adalah benda-benda yg ada di lokasi, termasuk barang bukti dan alat-alat persidangan.

(Baca juga: Polisi Siapkan Pengamanan Sidang Ahok)

Keempat, anggota Polri harus menjamin persidangan berjalan dengan tertib.

Jika sewaktu-waktu ada gangguan, hakim bisa meminta personel polisi buat memulihkan situasi keamanan.

“Semua yg terlibat harus dijamin keamanannya. Maka mulai ada kegiatan anggota Polri dalam pencegahan terjadinya keributan yg mampu mengganggu jalannya sidang,” kata Martin.

Kompas TV KPI Imbau Sidang Ahok Tidak Disiarkan Langsung

Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!