Rainbow Gathering, Festivalnya Traveler Hippies Dan Kaum Naturist

Denver – Ada banyak festival nyeleneh di dunia yg mungkin kamu belum tahu. Salah satunya adalah Rainbow Gathering yg jadi festivalnya kaum naturist.

Bertempat pertama kali di Colorado, AS pada tahun 1972, Rainbow Gathering yaitu ajang kumpul para traveler yg menjunjung tinggi kebebasan duniawi. Contohnya seperti hippies dan kaum naturist.

Dilansir detikTravel dari CNN, Rabu (21/12/2016) nama event itu pun berasal dari ramalan Suku Hopi di AS yg menceritakan tentang ‘Rainbow Warriors’ atau prajurit pelangi.

Event yg dilangsungkan setiap tahun itu pun diikuti oleh berbagai komunitas dan orang-orang yg menganut paham kedamaian, harmoni dan kebebasan. Para anggota komunitas pun menamakan dirinya sebagai ‘Rainbow Family’ atau keluarga pelangi.

Hebatnya, ternyata tidak sedikit traveler dan orang-orang yg menganut paham serupa. Para anggota ‘Rainbow Family’ pun tiba dari berbagai umur dan kalangan dengan latar belakang berbeda.

Para peserta Rinbow Gathering yg sedang berkumpul (Matjaz Krivic/CNN)Para peserta Rinbow Gathering yg sedang berkumpul (Matjaz Krivic/CNN)

Biasanya mereka mulai bertemu dalam acara ‘Rainbow Gathering’ dalam lingkup yg kecil atau dunia yg lebih besar. Contohnya seperti dalam event World Rainbow Gathering 2016 yg sudah dikerjakan pada 29 April 2016 dulu di Ethiopia.

Inti dari acaranya, para ‘Rainbow Warrior’ mulai bertemu dengan sesama anggota di alam. Siapa pun diperbolehkan hadir tanpa membayar atau membawa makanan. Kehadiran tanpa embel-embel barang dan uang menjadi salah sesuatu syaratnya.

“Topi ajaib mulai dulu lalang, Anda dapat menaruh uang seandainya bawa atau ingin, tetapi tak ada yg harus membayar makanan. Siapa pun diperbolehkan tiba dan makan di sana,” ujar Matjaz Krivic, fotografer yg sudah mengabadikan event World Rainbow Gathering selama 19 tahun.

Perhelatan Rainbow Gathering di Bosnia pada tahun 2007 (Matjaz Krivic/CNN)Perhelatan Rainbow Gathering di Bosnia pada tahun 2007 (Matjaz Krivic/CNN)

Uniknya, perhelatan World Rainbow Gathering terus diselenggarakan di tempat yg dilanda konflik. Contohnya seperti penyelenggaraan terdahulu di Serbia, Bosnia dan Ukraina.

Selain mampu bertemu dengan sesama pecinta kebebasan, traveler juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti yoga hingga tai chi dan meditasi. Begitu damai dan menyatu dengan alam.

Namun di sesuatu sisi, sering ada saja kejadian tak mengenakkan yg terjadi dalam ‘Rainbow Gathering’. Misalnya saja penggunaan narkoba hingga masalah kejahatan seperti pelecehan seksual.

Ada banyak aktivitas yg dapat dikerjakan di Rainbow Gathering (Matjaz Krivic/CNN)Ada banyak aktivitas yg dapat dikerjakan di Rainbow Gathering (Matjaz Krivic/CNN)

(rdy/krn)

Sumber: http://travel.detik.com

Berikan Komentarmu Disini!!