Slamet Hari Natal Dikenal Sebagai Warga Yang Peduli Lingkungan

MALANG, KOMPAS.com – Pria bernama Slamet Hari Natal yang berasal Jalan Sangadi RT 24 RW 8 Desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur dikenal sebagai orang yg peduli terhadap lingkungan.

Setiap beberapa hari sekali, ia mengangkut sampah rumah tangga punya tetangganya melalui mobil pikap yg dimilikinya.

Awalnya, sekitar 10 bulan yg lalu, ia merasa resah dengan banyaknya sampah rumah tangga yg berserakan. Sampah – sampah itu mengotori sungai di desa itu dan merambah ke sawah punya warga. Perlahan ia akan menghimpun sampah – sampah itu dahulu dibuang ke TPA setempat.

“Saat itu di sawah banyak pampers dan plastik,” katanya ketika ditemui di rumahnya, Selasa (27/12/2016).

Setelah sungai kelihatan bersih dari sampah, ia akan memunguti sampah-sampah itu dari rumah ke rumah. Hingga akhirnya memungut sampah itu menjadi kegiatan rutinnya.

Warga pun iuran Rp 5.000 per bulan. Sebab buat menaruh sampah ke TPA, ia harus membayar sejumlah uang. Ia juga membutuhkan dana operasional buat mengangkut sampah-sampah itu melalui mobil pikap miliknya.

“Sekarang telah ada iuran Rp 5.000 tiap sesuatu bulan,” kata suami dari Setiyowati itu.

Darmo, perangkat desa setempat mengatakan, sejak sampah keluarga diangkuti oleh Slamet, keadaan sungai telah tak kotor lagi.

“Semenjak itu (sampah diangkuti) telah mending keadaan sungai,” katanya.

Ia mengatakan, tak ada permintaan dari pihak desa kepada Slamet buat mengangkuti sampah – sampah punya masyarakat. Slamet berinisiatif sendiri bagi mengangkut sampah – sampah itu.

“Memang Didasari oleh rasa prihatin dengan kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Slamet Hari Natal atau yg biasa dipanggil Slamet Yesus lahir bertepatan dengan Perayaan Natal, yakni pada 25 Desember 1962. Atas saran bidan yg menolong kelahirannya, orang tua dia memberi nama Slamet Hari Natal.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!