Tiba Di Banda Aceh, Jokowi Langsung Pimpin Rapat Bahas Gempa

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo datang di Banda Aceh, Kamis (8/12/2016) pukul 17.35 WIB. Presiden segera memimpin meeting koordinasi penangananan bencana.

Berdasarkan siaran pers resmi Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, meeting itu dilaksanakan di ruang rapat di tempat Presiden menginap.

Rapatdihadiri Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Plt Gubernur Aceh Soedarmo.

Hingga pukul 19.10 WIB, meeting koordinasi masih berlangsung. (Baca: Jokowi Bermalam di Banda Aceh, Jumat Pagi Tinjau Pidie Jaya)

Presiden direncanakan melihat segera penanganan musibah gempa bumi yg terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (9/12/2016).

Presiden ingin memastikan segera penanganan penyaluran bantuan, evakuasi para korban, dan perbaikan infrastruktur pendukung berjalan dengan baik. Selain itu, Presiden juga mulai menjenguk para korban musibah gempa tersebut.

Diketahui, Kabupaten Pidie Jaya yaitu daerah yg terdampak gempa paling parah.

Sebelumnya, Jokowi sudah memerintahkan sejumlah menteri, Panglima TNI dan Kepala BNPB bagi memberi penanganan kepada korban gempa.

(Baca: Kisah Korban Gempa Aceh, dari Saksikan Anak Terjepit hingga Merangkak dalam Reruntuhan)

“Saya telah memerintahkan Kepala Staf Kepresidenan. Saya perintahkan juga kepada Panglima TNI, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB bagi semuanya terjun,” ujar Jokowi.

“Karena setiap jam yg aku ikuti, korbannya selalu bertambah,” lanjut dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sudah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pagi tadi pukul 05.36 WIB, Rabu, 7 Desember 2016.

Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Kompas TV Pidie Jaya Jadi Daerah Terdampak Parah Gempa Aceh

Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!