Wiranto Curiga Ada Yang Pelihara Isu Serbuan Tenaga Kerja China

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mencurigai ada pihak-pihak yg memelihara isu serbuan tenaga kerja yang berasal China. Karena dipelihara, isu ini selalu bergulir di masyarakat.

“Kita khawatirkan memang pihak-pihak tertentu yg memang sedang berusaha memelihara isu itu supaya selalu menjadi permasalahan publik yg enggak selesai-selesai,” kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (27/12/2016).

(Baca:¬†Jokowi Sebut Isu “Serangan” Tenaga Kerja China sebagai Fitnah)

Padahal, lanjut Wiranto, tak ada yg luar biasa dengan adanya sejumlah warga negara China yg bekerja di Indonesia.

Jumlah tenaga kerja yang berasal China cuma mencapai 21.000 orang, bukan jutaan orang seperti yg banyak diisukan.

Itu pun kebanyakan mengerjakan proyek investasi yg memerlukan skil khusus. “Coba bandingan tenaga kerja kami sendiri bagi ke Arab Saudi sampai 1 Juta orang, enggak ribut di sana. Di Malaysia kami malah kami sekitar 5 juta. Apa ribut?” ucap Wiranto.

(Baca: Kemenkominfo Identifikasi Akun Penyebar Isu Serbuan Tenaga Kerja China)

Wiranto pun meminta agar masyarakat tak terpancing dengan isu yg sengaja digulirkan pihak-pihak yg tidak bertanggungjawab. Ia juga memastikan pihak kepolisian mulai mencari dalang di balik munculnya isu ini.

“Kapan masyarakat ini mampu tenang bekerja sehari-hari kalau dijejeli dengan isu-isu seperti itu. Itu membuat masyarakat kami bicara isu saja. Enggak konsesntrasi kami pada kerja masing-masing. Itu yg kami khawatirkan,” ucap dia.

Kompas TV Tenaga Kerja Asal Tiongkok Serbu Indonesia?

 

Sumber: http://nasional.kompas.com

Berikan Komentarmu Disini!!